Rabu, 04 November 2009

Toyota Resmi Mundur


COLOGNE - Toyota resmi mundur dari kompetisi balap Formula 1 musim 2010. Meski begitu, mereka masih punya opsi muncul di grid musim depan.

Presiden perusahaan mobil Jepang Toyota Motor Corporation Akio Toyoda didampingi tim principal Tadashi Yamashina secara resmi mengumumkan keputusan mundur hari ini, Rabu (4/11/2009).
Resesi finansial yang menghantam perusahaan kembali jadi biang keladi. Seperti dilansir Reuters, masa depan tim F1 Toyota sudah diragukan sejak mencuatnya kabar penurunan penjualan hingga menderita kerugian pada Maret 2009.

Namun, pengeluaran boros tim disebut-sebut turut mendukung keluarnya keputusan tersebut. Musim ini saja, tim F1 Toyota dikabarkan over-bugdet menghabiskan dana lebih dari USD2.6milyar.

Sebelumnya, Toyota juga telah mencabut hak Fuji Speedway sebagai venue resmi balapan dari kalender. Sementara Williams memutuskan berhenti memakai dapur mesin Toyota setahun sebelum masa kontrak habis.

Keputusan ini jelas membuat segala persiapan menyambut musim 2010 berantakan. Harapan menggandeng Kimi Raikkonen dan Robert Kubica musnah sudah. Begitu juga peluang Kamui Kobayashi yang rencananya bakal ditarik masuk tim.

Kendati demikian, seperti yang dilakukan BMW, Toyota menandatangani perjanjian Concorde Agreement yang membuatnya terikat dengan F1 hingga 2012. Ini membuka kesempatan skuad John Howett muncul di grid musim depan praktis dengan dana cekak.

0 komentar: